Selasa, 24 Oktober 2017

Meskipun pengembangan aplikasi android dengan menggunakan koding sudah semakin mudah dipelajari dengan semakin banyaknya pembelajaran gratis yang tersedia di dunia maya, namun menurut hemat saya App Inventor masih tetap relevan digunakan sebagai media belajar logika pemrograman. Seperti saya sendiri yang saat ini sedang mulai belajar koding sangat terbantu karena sudah agak lama saya mengutak-atik app inventor ini.

Seperti yang diketahui App Inventor memiliki kelebihan di mana pengguna tak harus tahu sama sekali mengenai pemrograman apa pun untuk bisa membuat aplikasi android pertama mereka. Yang perlu dikuasai oleh pengembang yang menggunakan App Inventor hanya lah logika yang baik saja. Seperti salah satu kit yang akan saya bagikan tutorialnya kali ini, yakni cara Membuat Toggle Play Pause App Inventor.



Toggle play pause ini sebetulnya tidak hanya bisa digunakan pada pemutar media seperti pemutar suara maupun pemutar video saja. Tetapi toggle play pause ini bisa juga digunakan untuk menjadi saklar lampu atau motor yang terhubung dengan arduino. Misalkan untuk menggerakkan mobil ke depan atau kebelakang. Oke langsung saja ikuti tutorial cara Membuat Toggle Play Pause App Inventor berikut ini.

Tahap pertama untuk Membuat Toggle Play Pause App Inventor ini adalah buat desain dari aplikasinya seperti ini yang memiliki komponen utama Button dan label, kamu bisa memodifikasi komponennya sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang sedang kamu bangun.


Dari desain di atas, aplikasi ini memiliki properti sebagai berikut.


Tahapan berikutnya tinggal buat blok koding seperti gambar di bawah ini.


Setelah jadi tinggal diboba dengan emulatornya, dan hasilnya akan seperti ini.



Dengan cara Membuat Toggle Play Pause App Inventor ini kamu akan belajar dari penggunaan operator seleksi IF dan ELSE. Selain itu kamu juga akan memahami cara kerja dari procedure yang digunakan pada aplikasi ini. Kalau kamu merasa bingung dengan cara Membuat Toggle Play Pause App Inventor di atas, kamu bisa unduh file aianya di bawah ini. Sekian tutorial cara Membuat Toggle Play Pause App Inventor ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Unduh file aia Toggle Play Pause

Bergabunglah bersama kami di Grup Facebook App Inventor Indonesia

3 komentar

Kalo button nya berisi image, blok koding nya gimana Gan

Sama aja gan, nanti di bagian block Procedure tinggal di kasih image aja.

yang masih bingung, dimana naroh image nya Gan, bisa minta tolong dibuatkan contoh blok kodingnya Gan? (misal buttonnya pake logo PlayPause) makasih Gan.


EmoticonEmoticon