Sabtu, 08 April 2017

Saat ini WhatsApp sudah menjadi sebuah aplikasi primer dimana semua orang memiliki dan menggunakannya. Keberadaan WhatsApp bisa dikatakan sudah benar-benar menggantikan pesan singkat dan telepon sekaligus. Tak hanya itu, WhatsApp juga dinilai lebih efektif serta lebih cepat ketimbang aplikasi pesan instan serupa lainnya. Hal ini dikarenakan WhatsApp menggunakan nomor telepon untuk ID pengguna, dan pengguna tidak perlu masuk (login) atau keluar (log out) dari aplikasi.

Dengan semua kelebihannya tersebut, WhatsApp masih dinilai memiliki kekurangan bila dibanding pesan singkat, yakni pengguna harus menyimpan terlebih dahulu nomor tujuan di kontak telepon sebelum pengguna dapat memulai obrolan. Untuk mengatasi masalah ini, sebetulnya pihak WhatsApp sudah menyediakan fitur Klik untuk mengobrol (click to chat) yang memungkinkan pengguna memulai obrolan tanpa harus menyimpan kontak nomor tujuan.


aplikasi whatsapp tanpa simpan kontak
Aplikasi Pengirim WhatsApp Tanpa Simpan Kontak

WhatsApp menyediakan fitur tersebut dengan cara pengguna membuat tautannya sendiri menggunakan tautan https://api.whatsapp.com/send?phone= diikuti dengan nomor telepon lengkap orang tersebut dalam format internasional. Contoh : https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890. Dengan begitu pengguna WhatsApp tidak perlu menyimpan nomor di kontak terlebih dulu.

Terinspirasi dari seorang teman yang sekaligus anggota Grup Facebook App Inventor Indonesia, saya membuat antarmuka pengguna (user interface) menggunakan MIT App Inventor 2. Saya akan menjelaskan cara membuatnya dalam Tutorial App Inventor bahasa Indonesia ini. Silakan ikuti tutorial berikut ini.

Untuk membuat Aplikasi Pengirim WhatsApp Tanpa Simpan Kontak ini sangat mudah dan sederhana. Hanya menggunakan komponen ActivityStarter. Pertama buat dulu di desainer tampilan seperti di bawah ini.

Tutorial App Inventor Bahasa Indonesia Membuat Aplikasi Aplikasi Pengirim WhatsApp Tanpa Simpan Kontak

Tampilan di atas menggunakan komponen sebagai berikut.

Tutorial App Inventor Bahasa Indonesia Membuat Aplikasi Aplikasi Pengirim WhatsApp Tanpa Simpan Kontak

Setelah desain sudah jadi. Sekarang langsung ke bloknya dan buat blok seperti ini.

Tutorial App Inventor Bahasa Indonesia Membuat Aplikasi Aplikasi Pengirim WhatsApp Tanpa Simpan Kontak

Setelah jadi silakan kamu coba dulu menggunakan emulator atau lengsung menggunakan AI Companion. Berikutnya tinggal kamu build dalam bentuk apk dan eksport ke komputer. Dan ini adalah aplikasi setelah saya coba pasang di ponsel saya.

Tutorial App Inventor Bahasa Indonesia Membuat Aplikasi Aplikasi Pengirim WhatsApp Tanpa Simpan Kontak

Cara menggunakannya sangat mudah, kamu tinggal memasukkan nomor WA tujuan ke kotak teks yang telah disediakan dalam format internasional tanpa tanda (+) atau pun (-) seperti pada contoh. Setelah itu tinggal kamu klik "ok" secara otomatis sistem akan membuka (memulai) obrolan baru pada WhastsApp. 


Dengan aplikasi sederhana ini, kamu bisa lebih nyaman memulai obrolan misalnya mau tanya-tanya ke penjual toko daring (online shop) tanpa harus menyimpan nomornya di kontak telepon kamu. Mudah bukan cara membuat Aplikasi Pengirim WhatsApp Tanpa Simpan Kontak dengan app inventor ini dalam tutorial app inventor bahasa Indonesia ini 😂. Sekian Tutorial App Inventor Bahasa Indonesia Membuat Aplikasi Aplikasi Pengirim WhatsApp Tanpa Simpan Kontak ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Bergabunglah bersama kami di Grup Facebook App Inventor Indonesia

4 komentar

PENGISIAN PROFERTI ACTIVITY NYA BAGAIMANA BOS.

SETELAH SYA COBA TIMBUL TULISAN ERROR 601

property pada activitynya kosong gan, karena Data Uri di isi do blok kodingnya.

file .aia nya om sekalian diupload, utk bandingkan property komponennya.

Gabung aja digrup facebook itu, ada di sana


EmoticonEmoticon