Senin, 21 Agustus 2017

Semakin hari mungkin semakin banyak orang yang bisa coding dengan berbagai bahasa pemprograman meskipun bukan lulusan sekolah IT karena semain mudahnya mendapat pengetahuan di era tanpa batas seperti ini. Namun menurut hemat saya MIT App Inventor tetap menjadi salah satu alat terbaik dan termudah untuk pemula mempelajari alur pemprograman karena benar-benar mengasah logika.

Belum lama ini banyak juga pihak ketiga yang mengembangkan App Inventor ini menjadi lebih komplek lagi seperti Appy Builder dan Thunkable. Yah meskipun sejauh ini masih banyak kekurangan, misalnya belum bisa membuat notof aplikasi yang berjalan background. Nah, kali ini saya akan berbagi contoh cara membuat galeri foto dengan App Inventor yan g sangat sederhana dan mudah sekali.


Pertama-tama untuk membuat galeri foto dengan app inventor ini buat dulu desain seperti gambar di bawah ini yang terdiri dari Layout, Canvas, dan Button.


Komponen lengkap dari Galeri foto yang dibuat dengan App Inventor ini seperti gambar di bawah ini.


Setelah itu buat blok dari Galeri foto yang dibuat dengan App Inventor ini seperti gambar di bawah ini. Jadi nantinya yang akan menampilkan gambar adalah Canvas yang mengamnil list dari Initialize global yang berisi daftar file foto yang telah diupload ke app inventor sebelumnya.


Setelah jadi lalu build menjdi apk agar bisa dipasang di Android. 


Dengan Cara Membuat Galeri Foto pada App Inventor ini kamu akan belajar alur dari penggunaan Canvas dan Initialize Global yang berisi list file gambar. Kalau kamu masih merasa bingung dengan tutorial Cara Membuat Galeri Foto pada App Inventor di atas, kamu bisa langsung unduh file aia nya di bawah ini. Sekian Tutorial Cara Membuat Galeri Foto pada App Inventor ini, semoga bermanfaat, terimakasih.


Bergabunglah bersama kami di Grup Facebook App Inventor Indonesia


EmoticonEmoticon